SLIDER HALAMAN UTAMA

SHORTCUT MENU

MEDIA SOSIAL ATAS

items



Kirim

DLH Mimika Kunker Teknik Pengolahan Sampah Ke Kabupaten Banyumas Tahun 2023

DLH Mimika Kunker Teknik Pengolahan Sampah Ke Kabupaten Banyumas Tahun 2023 W3.CSS

Slide Dokumentasi

Dinas lingkungan hidup kabupaten mimika dalam rencana berkelanjutan dalam pengolahan sampah di kabupaten mimika, terus bergerak dan berinovasi menjadikan sampah yang bernilai.

Salahsatu yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini, bersama kamar dagang dan industri (kadin) mimika dan umkm mimika akan melakukan kunjungan kerja bersama ke kabupaten banyumas, jawa tengah untuk mempelajari langsung teknik pengolahan sampah disana.

Plt. Bupati mimika johannes rettob yang hadir dalam kesempatan pertemuan tersebut didampingi asisten iii bidang administrasi umum sekretariat daerah hendriette tandiyono dan plh. Kepala dinas lingkungan hidup kabupaten mimika jefri deda berpesan, agar tim yang nantinya akan ke kabupaten banyumas dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya terkait pengolahan sampah yang selanjutnya dapat di implementasikan setelah kembali ke kabupaten mimika. Hal tersebut disampaikan dalam pengarahannya dalam pertemuan yang di gelar di hotel grand tembaga pada (3/5/2023)

“bahwa pemerintah daerah saat ini mau merubah mandset soal  dalam bagaimana cara mengurusi persoalan sampah, kalau sampah yang selama ini bagaimana kita hanya melaksanakan kumpul, angkat dan membuang. Kota mimika ingin merubah pengolahan sampah secara maksimal yang bisa mendatangkan uang dari hasil kelola sampah selama ini. Ini yang belum pernah kita lakukan dimana sampah itu harus mendangkan nilai bisnis, makanya teman teman dari dlh, umkm dan kadin serta instansi teknis bisa belajar di banyumas jawa tengah. Setelah balik dari belajar ini harus diimplementasikan ilmu tersebut dan harus action,”pinta plt johaness rettob (jr) dihadapan tim peserta yang akan berkunjung ke banyumas.

Plh kepala dinas lingkungangan hidup (dlh) kabupaten mimika jefri deda menyampaikan terima kasih kepada plt bupati johannes rettob yang memberikan kesempatan kepada dlh tahun ini untuk belajar bagaimana mengelola sampah yang bisa mendatangkan nilai ekonomis.

“selama ini warga yang berada di sekitar tpa di iwaka belum terlindungi karena belum maksimal dalam mengelola sampah secara baik, sehingga dengan kegiatan belajar ke banyumas yang bekerja sama dengan umkm, kadin dam masyarakat dapat mendatangkan manfaat positif dan dapat menjadi sebuah pendapatan demi kesejahteraan masyarakat. Semoga melalui kegiatan dari banyumas kita dapat manfaat yang nanti betul betul kita jalankan di mimika, kita tidak lagi pulang masih seperti dulu (msi), “ungkap jefri deda.

Jefri deda menambahkan, bahwa tujuan dari belajar ke banyumas adalah mendapatkan ilmu dalam mengolah sampah. Kalau bisa kita balik bawa yang baik, cita cita dan mimpi kami dlh  mendapatkan prestasi adipura bisa terwujud ditahun tahun mendatang.

“cita cita kami dlh mendapatkan adipura bisa terwujud sama seperti di kabupaten biak dan kota jayapura, mimpi itu bisa terwujud kalau kita berkomitmen secara bersama sama dalam mengelola sampah secara baik,”serunya.

Sementara pejabat pelaksana teknis kegiatan (pptk)  kegiatan kunjungan kerja di banyumas dinas lingkungan hidup kabupaten mimika, emiliana samaran mengatakan, kegiatan ke banyumas berlangsung selama seminggu, yang mulai berlangsung sejak 7 mei hingga 11 mei 2023.

Peserta dari kegiatan kunjungan kerja ke banyumas merupakan kegiatan dari dinas lingkungan hidup kabupaten mimika sebagai fasilitator, dengan melibatkan dari beberapa instansi, dari bappeda, satpol pp, umkm, anggota kadin serta sejumlah anggota dprd mimika dari komisi c.

Kegiatan kunjungan kerja ke banyumas sendiri juga diikuti langsung oleh plt bupati mimika johannes rettob, , asisten iii bidang administrasi umum  sekretariat daerah (setdamimika, hendritte w. Tandiyono, s.e., m.m, staff ahli bupati, ketua kadin kabupaten mimika, bram raweyai yang juga ada agenda pertemuan nantinya dengan bupati dan para pejabat di pemkab banyumas